Monday, 29 February 2016

Mengapa Kamu Harus Mulai Menggunakan Facebook Ads?


Mengapa Kamu Harus Mulai Menggunakan Facebook Ads? 

Tidak diragukan lagi, internet saat merupakan salah satu wahana menghasilkan uang. Asalkan anda tau caranya. Jika anda ingin menghasilkan uang diinternet maka mulailah berbisnis online. Potensi penghasilan dari internet cukup menjanjikan tapi bukan berarti anda dapat menghasilkannya dalam semalam. Anda perlu bekerja keras untuk menjalankan bisnis online.
Jika anda ingin sukses dengan bisnis online anda maka anda perlu memasarkannya di internet. Setelah anda memiliki website untuk bisnis online yang akan anda jalankan. Anda perlu memperkenalkan website anda ke khalayak ramai. Dengan demikian website anda akan dikenal dan orang mulai memperhatikan website anda. Selanjutnya anda bisa mulai memasarkan produk anda. Begitulah cara kerjanya diinternet.
Penting untuk diingat bahwa pemasaran di internet sangat  berbeda dengan pemasaran di dunia nyata. Pada kenyataannya, penjual yang paling berpengalaman sekalipun di dunia nyata butuh  waktu dan kerja keras di internet. Internet marketing adalah jenis baru dari pemasaran dan memerlukan strategi yang jelas berbeda untuk membuat sales.
Jika anda jago menulis artikel maka anda akan dengan mudah menarik perhatian orang di dunia internet. Tapi jika anda hanya seorang pemula di internet marketing maka promosi melalui facebook adalah solusinya. Disini, penjulan menjadi lebih mudah, efektif dan murah.
Pada dasarnya Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial dimana membernya akan membangun jaringan teman-temannya sendiri. Di sini, mereka saling berkomunikasi dan bersenang-senang dengan berbagai aplikasi yang tersedia. Dengan lebih dari 60 juta member aktif dan masih terus bertambah, anda jelas akan melihat bahwa Facebook sebagai tempat yang efektif untuk memasarkan produk anda.
Anda tidak perlu khawatirkan traffic, begitu banyak member masuk dan kelaur setiap harinya. Yang paling penting adalah bagaimana mendatangkan mereka ke website anda. Setelah menjadi member di facebook dan membangun jaringan dari teman-teman anda lalu menyelesaikan profil anda, langkah berikutnya adalah mulailah menggunakan Facebook Ads untuk memasarkan produk atau jasa anda.
Facebook ads pada dasarnya adalah membayar per klik iklan yang ditawarkan facebook. Hebatnya karena anda bisa menentukan sendiri/menargetkan calon customer anda sesuai dengan kebutuhan anda. Anda bisa menargetkan berdasarkan rentang usia, jenis kelamin, hobi dan informasi lainnya. Anda juga bisa beriklan secara harian.
Dengan cara ini, anda akan dapat mencoba membuat iklan tanpa investasi banyak uang. Jika anda baru mulai beriklan, jangan berharap untuk mendapatkan hasil dengan segera. Ini semua soal trial and error. Selain itu, tidak ada yang sempurna. Anda harus mencari tahu apa target pasar anda atau apa yang dapat menjadi perhatian mereka. Dengan facebook ads, anda akan dapat melakukannya.

Jadi, jika anda baru memulai dengan bisnis online dan anda ingin mempromosikan produk, jasa dan website anda di internet, anda harus mencoba pemasaran di Facebook Ads. Di sini, pemasaran adalah banyak lebih menyenangkan, lebih murah dan juga sangat efektif.


Mengapa Facebook Ads Anda Tidak Berjalan?

Mengapa Facebook Ads Anda Tidak Berjalan?


Facebook marketing merupakan pangsa pasar yang luas untuk menjalankan bisnis anda. Banyak orang atau brand tertentu memanfaatkan facebook ads dengan pertimbangan :
-          Pasar lokal dan global yang luas
-          Biaya iklan yang cukup murah
-          Traffic  tertarget
-          Banyak pengguna aktif
-          Mudah dijalankan
Apa jadinya jika Facebook Ads anda aktif tapi tidak berjalan ? Penyebabnya adalah
1.       Persaingan pada audience yang sama
Pengiklan lain juga menargetkan audience yang sama dengan kita. Bisa jadi pesaing kita memasang bid tinggi atau gunakan auto CPM. Alhasil, facebook akan mengutamakan mereka dulu.Facebook menayangkan iklan pesaing dengan bid tinggi lebih dulu. Kita dengan bid rendah berpotensi ketinggalan. Tapi bid tinggi belum tentu CTR tinggi. Cara mengatasi persaingan ini :
-          Buat iklan yang berkualitas dengan CTR tinggi
-          Spesifikan audience

2.       Nilai Budget harian terlalu rendah

3.       Nilai Bid rendah
Analisa iklan yang kita pasang, jika bidnya terlalu rendah anda bisa naikkan sedikit demi sedikit.

4.       Jenis Ads yang digunakan
Jenis iklan berbeda kecepatan berjalannya juga berbeda. Iklan New Ads yang paling lambat karena pemasang iklannya banyak. untuk mempercepatnya gunakan autoCPM dan ingat kontrol budget anda. Ads yang paling cepat berjalan adalah Sponsored Post.

5.       Payment Failed / Gagal Bayar
Jangan sampai terjadi gagal bayar di facebook, sediakan saldo yang melebihi budget iklan anda. Payment Failed akan memberikan reputasi buruk bagi history account anda.

6.       Usual Activity
Sebagai pengguna facebook habiskan waktu lebih banyak di akun profil anda bukannya di facebook ads manager. Lakukan aktivitas sewajarnya. Jika anda lebih banyak di facebook ads manager maka facebook curiga anda hanya ingin memasang iklan saja.

Mulailah facebook ads anda dengan budget minimal terlebih dahulu. Jika anda sudah mencoba facebook ads, mendapat hasil dan akan terus memperbanyaknya untuk mendapat jumlah konversi yang lebih banyak. Perlu diingat facebook ads lebih cepat persetujuannya jika menggunakan tools dan produk facebook daripada diluar facebook, misalnya : facebook fanpage, event, aplikasi, games, postingan facebook dan semua yang menjadi milik domain facebook.com.
Kebanyakan bisnis yang menggunakan facebook ads melakukan kesalahan karena terlalu berfokus pada jumlah fans yang dihasilkan iklan tersebut. Padahal yang paling penting berapa banyak penjualan yang anda dapat hasilkan dari iklan tersebut. Oleh karenanya arahkan traffic ke halaman website anda yang banyak menghasilkan penjualan.
Jika anda mulai berpikir tentang marketing melalui facebook ads, maka mulailah bereksperimen dengan iklan anda.


Sunday, 28 February 2016

Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Kampanye Iklan Facebook


Faktor-Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Kampanye Iklan Facebook

Berikut ini faktor-faktor yang perlu anda perhatikan dalam kampanye iklan facebook, agar iklan anda mencapai hasil maksimal :
1.       Tujuan Iklan
Pertama-tama tujuan anda membuat iklan harus jelas. Karena terkait dengan strategi yang akan digunakan. Apakah anda beriklan untuk meningkatkan jumlah ‘like’ di fanpage anda? Ataukah ada hanya ingin mengarahkan pengguna lainnya untuk mampir ke landing page anda? Ataukah anda ingin mengarahkan ke sales page affiliasi anda?

2.       Target Traffic
Siapa saja yang menjadi target anda? Buatlah secara spesifik. Inilah keuntungan beriklan di facebook, anda bisa menjabarkan secara detail target iklan anda. Mulai dari lokasi, tingkat pendidikan, gender, rentang usia, ketertarikan dalam bidang, dll. Traffic tertarget dengan jelas.

3.       Desain Iklan
Desain iklan anda haruslah menarik. Pilihlah judul yang menarik minat pengguna lainnya untuk mengklik, selanjutnya deskripsikan yang anda tawarkan secara singkat dan jelas, URL tujuan harus jelas dan terarah, gambar haruslah sesuai dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

4.       Budget dan Penawaran Iklan
Aturlah budget iklan anda. Anda bisa mulai bereksperimen dengan iklan di facebook. Anda bisa mengontrol budget iklan anda dengan menetapkan jumlah maksimal dalam satu hari (misal $30 per hari) atau menentukan budget dalam jangka waktu terbatas (misal $300 per 30 hari). Setelah bereksperimen anda akan tahu mana yang terbaik untuk pemasangan iklan anda.Dalam memasang iklan anda dihadapkan pada pilihan Cost Per Click (CPC) /bayar per klik atau Cost Per Thousand Impressions (CPM) / bayar per 1000 tampilan. CPC lebih efektif, jika tujuan iklan anda untuk penjualan. CPC biasa digunakan pada bagian sebelah kanan beranda / marketplace facebook ads. CPM lebih baik, jika tujuan anda hanya untuk launching atau pengenalan produk/brand. CPM berhasil jika anda optimis iklan anda banyak yang mengklik. Gunakanlah CPM pada newsfeed. Iklan pada newsfeed akan lebih mahal penawarannya daripada di sebelah kanan beranda/marketplace facebook ads. Karena di newsfeed orang akan langsung melihat iklan anda. Sedangkan disebelah kanan beranda terkadang beberapa orang tidak menghiraukannya. Jangan terburu-buru menggunakan CPC atau CPM lakukan tes dengan budget minimal. Setiap iklan akan berbeda hasilnya.

5.       Jadwal Penayangan Iklan
Penayangan iklan di facebook lebih fleksibel. Anda bisa mengatur kapan jadwal penayangan iklan anda. Pada umumnya pemasang iklan memilih hari-hari kerja atau saat-saat dimana tingkat pengguna facebook yang aktif lagi tinggi-tingginya.

6.       Analisa Iklan

Facebook menyediakan rincian kerja dari iklan anda sehingga anda dengan mudah melakukan analisa. Hal ini membantu anda melihat kesalahan dan memperbaikinya. Sehingga anda berkesempatan memperbaiki kualitas iklan anda. Tampilan iklan anda dapat dihentikan tanpa penundaan jika anda ingin memperbaikinya. Dengan begitu potensi keuntungan anda dari facebook ads bisa meningkat.

7 Teknik Jitu Untuk Meningkatkan CTR Facebook Ads



7 Teknik Jitu Untuk Meningkatkan CTR Facebook Ads

Apa itu CTR? CTR (Click Through Rate) adalah bilangan yang digunakan facebook ads untuk menentukan relevansi dan skor sesaat setelah iklan mulai ditayangkan atau dengan kata lain persentase banyaknya jumlah klik berbanding jumlah tayang iklan.
CTR = (jumlah klik/jumlah impressi)%
Contoh :
-          Iklan A tayang 500x dengan jumlah klik 50x, CTR 10%
-          Iklan B tayang 500x dengan jumlah klik 5x, CTR 1 %
Dilihat dari contoh diatas maka harga per klik iklan B 10x lipat lebih mahal dibandingkan iklan A. Hal ini karena jika harga per klik iklan A Rp. 1, ads network akan mendapatkan uang Rp. 100 per 500 impressi. sedangkan iklan B haruslah Rp. 10 agar ads network juga mendapatkan Rp. 100 per 500 impressi.
Mengapa perlu mendapatkan CTR tinggi? Karena semakin tinggi CTR, semakin rendah CPC. Semakin rendah CPC semakin tinggi ROI (Return Of Investment). Inilah alasan perlunya CTR tinggi :
a.       CTR tinggi menunjukkan bahwa iklan kita berkesan dan mendapatkan perhatian pengguna facebook, iklan yang berkesan mendapatkan jumlah klik yang tinggi;
b.       CTR tinggi membantu mendapatkan biaya iklan yang lebih murah;
c.       Semakin tinggi CTR, potensi keuntungan jualan anda juga meningkat.

Berikut ini 7 teknik yang bisa digunakan untuk mendapatkan CTR tinggi :
1.       Gunakan Promoted Post Ads
Salah satu jenis iklan facebook dimana kita mengiklankan postingan fanpage untuk dilihat audience. Postingan akan diprioritaskan tampil di news feed.

2.       Gunakan Penawaran CPC
CPC (Cost Per Click) paling sesuai untuk mendapatkan CTR tinggi jika dibandingkan CPM (Cost Per Thousand Impression) atau autoCPM yang mendapatkan audience yang banyak dalam waktu singkat tapi tingkat kliknya rendah. CPC lebih efektif.

3.       Optimasi Image + Call to Action Button
Gunakan gambar iklan yang jelas, relevan dan menarik sehingga mendapatkan perhatian audience. Perhatikan pula hak cipta gambar yang akan anda gunakan. Gambar iklan berpengaruh besar terhadap jumlah klik. Dalam aturan facebook ads memang tidak memperbolehkan adanya text pada gambar dengan porsi lebih dari 20%, tetapi ini tidak menutup kemungkinan jika anda ingin menyisipkan tombol 'Call to Action' pada gambar iklan anda.
4.       Pilih Target Audience yang Spesifik
Semakin spesifik audience yang anda targetkan maka semakin kecil jumlahnya dan semakin tinggi CPR yang didapatkan. Yang perlu anda perhatikan layer untuk iklan maksimum 4 layer. 2 layer utama yang harus anda pilih untuk menentukan target audience adalah lokasi dan range usia. Selanjutnya pilihlah layer sesuai kebutuhan anda. Misal : anda iklan penawaran produk anti aging, pilihlah wanita dengan rentang usia 30-50th. Jika target audience anda tidak tepat maka CPR akan rendah dan berarti biaya iklan anda akan semakin mahal.

5.       Pilih Newsfeed Mobile
Ada 4 placements yang tersedia di facebook ads yakni, Audience Network, Desktop Right Column, Desktop News Feed dan Mobile News Feed. Untuk meningkatkan CTR pilihlah tipe Desktop News Feed dan Mobile News Feed. Lebih disarankan gunakan Mobile News Feed karena saat ini pengguna facebook lebih banyak online melalui smartphone/mobile ketimbang melalui desktop.

6.       Pilih promosikan ke fans saja
Promosikanlah iklan anda ke fans anda saja agar CTR tinggi. Hal ini karena mereka telah mengenal fanspage anda. Lebih mudah bagi mereka untuk mengklik iklan anda.
7.       Setup Conversion Website
Facebook lebih memprioritaskan audience yang sebelumnya telah melewati tracking pixelyang lain sebagai target audience sebuah kampanye dengan pilihan objective 'website conversion'. Website Conversion merupakan objective terbaik dari seluruh pilihan yang disediakan facebook.
CTR memang penting dalam facebook ads tapi yang membuat iklan anda berhasil adalah semakin besar keuntungan yang anda peroleh dari iklan anda.




Thursday, 25 February 2016

Cara Menciptakan Iklan yang Sempurna untuk Bisnis Anda

Cara Menciptakan Iklan yang Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam dunia internet marketing iklan pay per click merupakan jenis iklan yang yang paling sering digunakan oleh kalangan internet marketer. Facebook ads juga menyediakan iklan pay per click untuk para pengguna facebook. Anda ingin tahu cara membuat iklan yang membuat orang meng-klik iklan anda?


Berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat iklan :
1.       Ide yang besar
Untuk membuat iklan anda harus memikirkan ide yang  besar, menarik dan mencolok. Karena dengan begitu akan menarik perhatian pengguna facebook. Anda harus ingat bahwa tidak ada yang mau meng-klik iklan anda kecuali iklan anda benar-benar menarik bagi mereka. Buatlah iklan semenarik mungkin.

2.       Buat penasaran
Perhatikan! Ketika orang login di facebook, rata-rata mereka hanya akan tertarik untuk memposting foto, buat status, memeriksa apa yang baru atau memperhatikan timeline dan aktivitas teman-teman mereka. Kemudian mereka tertarik bersosialisasi dengan teman-temannya. Begitu adanya karena memang facebook didesain untuk itu. Sekarang tugas anda buatlah iklan yang menarik bagi mereka dan buat mereka menghabiskan sedikit waktu untuk melihat iklan anda. Caranya : buatlah mereka penasaran. Pancing rasa ingin tahu mereka dan mereka akan meng-klik iklan anda. Misal : turun 10 kg dalam 3 minggu tanpa diet. Lho kok bisa???

3.       Kreativitas
Anda perlu sedikit kreativitas. Cari/pilihlah gambar yang mencolok. Buatlah teks iklan yang singkat, jelas dan menarik. Orang lebih suka menangkap iklan secara visual ketimbang teks. Gambar yang mencolok dan didukung teks yang menarik membuat mereka meng-klik iklan anda.

4.       Target traffic
Kenali target traffic anda dengan jelas. Semakin spesifik semakin baik. Anda sedang menjaring calon customer anda yang potensial. Perhatikan produk yang anda tawarkan dalam iklan, lihat siapa saja calon customer anda. Apakah pria atau wanita? Berapa rentang usia rata-rata mereka? Bagaimana tingkat pendidikan mereka? Siapa saja yang memiliki ketertarikan dibidang yang sama?

5.       Tempatkan diri anda
Cobalah tempatkan diri anda diposisi mereka/pengguna facebook. Perhatikan iklan yang anda buat. Apakah cukup menarik perhatian anda? Apakah iklan tersebut membuat anda ingin membeli produk yang ditawarkan? Apakah iklan tersebut membuat anda penasaran dan menggali rasa ingin tahu anda? Semakin anda masuk dalam pikiran calon customer anda maka semakin anda tahu apa yang mereka butuhkan. Ini menjadi poin yang kuat dalam penjualan. Dengan sendirinya anda akan tahu bagaimana cara menarik perhatian mereka.

Anda terapkan tips diatas untuk facebook ads anda. Saya yakin anda dapat menjual produk yang anda tawarkan. Simpan baik-baik 5 tips diatas, masukkan dalam pikiran anda. Mulailah gali kreativitas anda. Buatlah iklan yang menarik.




Wednesday, 24 February 2016

Tips Sukses di Facebook Marketing

Tips Sukses di Facebook Marketing

Di Era modern ini, begitu banyak media sosial tempat kita bisa berinteraksi. Disini, kita dapat menjalin dan menjaga hubungan  serta komunikasi dengan teman-teman kita. Bahkan teman kita yang sudah lama tidak berjumpa. Kita juga bisa berinteraksi dengan orang-orang yang baru dan berteman dengan mereka.


Dari sekian banyak sosial media, tentu  saja Facebook yang paling populer. Karena kepopulerannya inilah media sosial Facebook bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, memperluas jaringan dan memasarkan produk.
Saat ini kita bisa join social media dengan mudahnya.Jika anda termasuk orang yang berniat memasarkan produk anda di sosial media maka pastilah pilihan anda yang utama adalah facebook. Facebook memberi anda kemudahan untuk mentarget pengunjung secara spesifik. Alhasil, penjualan produk anda akan meningkat karena potensi untuk berhasil semakin besar. Hebatnya lagi facebook juga menyediakan tools yang akan membantu anda memasarkan produk anda dengan efektif.
Jadi, inilah beberapa tips yang akan membantu anda menggunakan Facebook untuk marketing :
- Profil yang bagus
Semakin baik profil anda, semakin meningkatkan kepercayaan orang terhadap anda dan yang anda tawarkan. Masukkan foto anda, beri informasi tentang diri anda, website anda, pengalaman kerja,
hobby anda, pendidikan anda, no handphone, email dll.
- Perbanyak pertemanan
Di Facebook anda dapat melihat teman dari teman anda. Oleh karenanya, bangun pertemanan dengan mereka juga. Orang lebih mudah percaya kepada orang yang memiliki hubungan dengan mereka. Temukanlah teman-teman lama anda, teman semasa sekolah dulu dan teman yang jauh disana bina kembali hubungan persahabatan/pertemanan yang lama hilang.
- Join di grup dan buat grup anda
Anda bisa bergabung di beberapa grup di facebook. Anda bisa bergabung di grup yang memberikan pelatihan/course, membangun bisnis, mentor yang membagi pengalaman mereka dll. Anda juga bisa
membuat grup sendiri, anda akan memiliki teman-teman yang memiliki ketertarikan dan hobi yang sama. Dengan begitu anda membuat kontak dengan banyak orang dan lihatlah bagaimana bisnis anda tumbuh. Buatlah grup yang menarik banyak minat orang, semakin aktif grup maka semakin baik. Mulailah dengan hal-hal yang anda sukai, misalnya grup bercocok tanam, grup sepakbola, grup bisnis olshop, grup pecinta film, dll. Buatlah member grup anda ikut berinteraksi didalamnya.
- Share blog/website

Jika anda memiliki blog, website. Anda bisa share, dengan begitu anda akan mendatangkan pengunjung di blog/website anda. Semakin banyak yang membaca blog dan website anda semakin berkembang bisnis anda. Selalu perbarui blog/website anda, anda akan lihat akan ada orang-orang yang jadi pembaca setia anda yakni mereka yang selalu mengikuti apa yang anda tulis, berikan informasi yang bermanfaat buat mereka selanjutnya anda akan mudah melakukan sales marketing. 

Monday, 22 February 2016

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Menghasilkan Uang

Cara Memanfaatkan Facebook Untuk Menghasilkan Uang

Facebook sangat familiar ditelinga kita dalam kurun waktu 10 tahun belakangan ini. Sebagian besar kita telah memiliki akun facebook. Begitu mudah berinteraksi didalamnya. Termasuk bisnis online, begitu mudah berkembang didalamnya. Facebook adalah pangsa pasar yang luar biasa. Tapi sayang, hanya sebagian dari pengguna facebook yang memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Jika anda memiliki produk atau jasa untuk dijual, tapi bingung untuk memasarkannya? Maka facebook bisa menjadi tempat penjualan yang bagus. Mengapa facebook? Karena tingkat aktivitas pengguna facebook sangat tinggi.


Secara garis besar ada 2 cara menghasilkan uang yang biasa digunakan para internet marketer :
1.       Penjualan produk
a.       Produk fisik
Tentu anda sering melihat online shop di facebook. Berbagai macam produk ditawarkan didalamnya. Perhatikan saja timeline dan link dari produk yang ditawarkan pengguna lainnya. Jika anda memiliki produk fisik untuk ditawarkan anda bisa mulai memasarkannya di facebook. Atau anda bisa menjadi dropshiper dari produk orang lain/brand tertentu. Untuk dropshiper, tentu saja anda tidak direbetkan dengan urusan packing dan pengiriman barang. Anda bisa mendapat persentase keuntungan dari setiap penjualan. Pastikan produk yang anda jual benar-benar berkualitas.
b.      Produk Digital
Selain produk fisik anda juga dapat menjual produk digital. Seperti ebook, membership online, dll. Ini banyak digunakan internet marketer. Terkadang produk digital diberikan secara gratis, tinggal masukkan nama dan alamat email. Tujuannya untuk membangun emial list. Mereka tidak langsung menjual, tapi mengedukasi calon customernya terlebih dahulu. Jika anda ikut program affiliasi, anda bisa arahkan calon customer anda ke link page sales anda.
2.       Penawaran  Jasa
a.       Jasa menambah like
Banyak orang memanfaatkan fanpage facebook untuk memasarkan produknya. Tapi, tidak banyak orang yang dapat meningkatkan jumlah ‘like’ pada fanpagenya secara drastis. Butuh strategi dan tools khusus untuk melakukannya. Sebagian orang menawarkan jasa menambahkan ‘like’ pada fanpage. Besarnya keuntungan tergantung banyaknya ‘like’ yang diharapkan oleh pemilik fanpage.
b.      Jasa pemasangan facebook ads
Tidak semua orang bisa melakukan pemasangan iklan di facebook. Seringkali saat mencoba, mereka justru diblock oleh facebook. Hal ini sudah lumrah terjadi karena butuh kriteria khusus dan metode pembayaran tertentu di facebook. Pembayaran di facebook bisa melalui paypal, kartu kredit dan neteller. Jika anda bisa melakukan pemasangan facebook ads, banyak orang yang bersedia membayar untuk memanfaatkan jasa ini.
c.       Jasa mengelola fan page
Untuk mengelola fanpage bukanlah hal yang mudah. Butuh konsistensi dan berkesinambungan. Terkadang brand tertentu membayar jasa orang yang bisa mengelola fanpage mereka. Untuk mengupdate status, memberikan informasi produk mereka, menjawab komentar yang masuk, mempromosikan fanpage mereka, dll. Butuh keahlian dibidang komunikasi dan marketing online.
Facebook sangat efektif untuk marketing online. Apapun tujuan pemasaran anda di Facebook, apakah itu untuk penjualan produk atau jasa, branding atau membangun data base customer pastikan anda melakukannya dengan baik. Jangan lakukan hal-hal yang tidak etis dan mengganggu pengguna lainnya, seperti : SPAM, karena hal-hal semacam ini akan merusak kredibitas dan bisnis anda sendiri.


Mengenal Jenis - Jenis Traffic Blog Atau Website

Mengenal Jenis - Jenis Traffic

Setiap pemilik blog atau website pasti menginginkan mempunyai traffic yang tinggi. Tapi tau gak sih ternyata traffic blog itu ada jenis-jenisnya lho. 
Ada 2 jenis traffic, yakni :
-       Organic Traffic
-       Non Organic Traffic (Direct Traffic dan Referral Traffic)


Organic Traffic
Saat ini pengunjung yang berasal dari mesin pencari atau yang biasa disebut pengunjung organik (Organic Traffic) masih menjadi primadona di kalangan pemilik website dan blogger. Organic traffic adalah traffic yang berasal dari search engine. Mesin pencari yang direkomendasikan adalah yang terpercaya seperti Google, Yahoo dan Bing termasuk juga melalui pencarian gambar seperti google images. Pengunjung dari organic traffic ini sangat diminati dan yang paling diinginkan karena organic traffic adalah traffic yang tepat sasaran. Organic traffic disukai oleh semua pelaku SEO. Karena Organic Traffic ini berkualitas dan gratis. Ini menandakan bahwa website/blog kita populer dimata search engine. Untuk mendapatkan organic traffic kita harus memanfaatkan teknik SEO bisa dengan mengikuti PPC ( Pay Per Click ) dan mendaftarkan website di search engine. Traffic tersebut memang sedang mencari informasi yang mereka butuhkan di search engine sehingga ketika traffictersebut mengunjungi blog kita, traffic tersebut akan benar - benar membaca dan melihat konten yang ada di website/blog kita sehingga mereka akan meluangkan lebih banyak waktunya untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan tentunya mereka tidak akan meningkatkan Bounce Rates.
Lantas bagaimana caranya mengetahui website kita memperoleh Organic Traffic? Cek dengan google analytics.
Keuntungan organic traffic :
-       Nilai konversi tinggi
-       Traffic tertarget


Referral Traffic
Traffic yang berasal dari website yang bukan search engine seperti forum, blog, atau bahkan search engine sembarangan bisa saya kategorikan referral traffic. Artinya pengunjung datang melalui perantara website/blog lain. Untuk mendapatkan referral traffic ini pengunjung bisa memanfaatkan situs social media, social bookmarking, forum dan juga blog lain. Traffic jenis ini masih mengundang kontroversi, dikarenakan sebagian advertiser seperti Google Adsense masih mempermasalahkan valid tidaknya klik yang berasal dari traffic ini. Ada beberapa blogger yg sempat ke banned gara2 hampir 80% traffic dan kliknya berasal dari referral traffic.
Keuntungan referral traffic :

-       Nilai konversi lumayan tinggi meski tidak setinggi dari organic traffic. namun jika anda seorang pemain handal di jejaring sosial media, nilai konversi dari referral traffic bisa jauh melebihi traffic lainnya.

Direct Traffic
Traffic langsung atau pengunjung datang ke website/blog kita langsung tanpa perantara. Mereka masuk langsung mengetik website kita di browser. Website yang mempunyai dirrect traffict kemungkinan besar sudah terkenal, karena pengunjung mampir ke website/blog kita secara langsung, tanpa perantara website, blog orang lain, ataupun search engine. Untuk mendapatkan dirrect traffic anda bisa dengan promosi offline seperti membuat brosur atau iklan di koran / majalah.
Keuntungan direct traffic :
-       Nilai Konversi sangat tinggi karena pengunjung yang datang adalah pembaca setia yang akhirnya dengan mudah menjadi pelanggan setia

Bagi sebuah website/blog manapun apalagi yang menjual atau menyediakan produk, traffic atau pengunjung adalah target atau sasaran dari pemilik website/blog membangun websitenya. Tanpa adanya traffic bisa dipasikan cepat atau lambat website tersebut akan mati. Inilah yang membuat pemilik ataupun pengelola website dan blogger menggunakan berbagai cara untuk menarik pengunjung agar mau mengunjungi website atau blog miliknya.


Sunday, 21 February 2016

7 Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website Melalui Facebook

Meningkatkan Traffic  Website Melalui Facebook

Saat ini facebook merupakan situs yang paling banyak diakses di seluruh dunia. Dengan pengguna lebih dari 1,44 miliar, menjadikan facebook media yang ampuh menarik traffic. Anda harus jeli melihat peluang ini. Begitu banyak yang bisa anda lakukan di facebook seperti like, share, comment, update status, dll untuk menarik minat user. Sekarang bagaimana mengoptimalkan penggunaan facebook untuk menarik user ke website anda? Berikut cara meningkatkan traffic website anda melalui facebook :


   1.    Publish Konten Disaat Yang Tepat
Anda perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mempublish konten anda. Yang perlu anda perhatikan adalah waktu puncak dimana user mengakses internet paling banyak. Publishlah konten anda jam 9-10 pagi, jam 1-3 siang dan jam 6 sore hingga tengah malam. Itu adalah waktu terbaik mempublish konten anda. Yang menjadi puncaknya adalah jam 6 sore hingga tengah malam.

   2.    Fokus Pada Konten Visual
Kebayakan orang lebih mudah menangkap informasi secara visual. Tampilan visual mempunyai daya tarik tersendiri. Konten visual lebih menarik. Bisa berupa gambar, infographic dan video. Tangkap perhatian user dengan konten visual yang menarik. Anda bisa membuat meme (mimicking) yang lucu. Meme memiliki tingakt viralitas (share,like, comment, favorite,dll) yang tinggi. Anda juga bisa membuat video yang menarik dan bermanfaat. Tidak perlu terlalu panjang durasinya, yang penting cukup menarik untuk ditonton user. Jangan lupa lampirkan link website anda pada konten visual anda.

   3.    Buat Kesan natural di Facebook
Gunakanlah facebook secara wajar dan semestinya. Aktiflah di facebook. Tampilkan kesan senatural mungkin seperti pengguna lainnya. Personalitas memainkan peranan penting di facebook. Bangunlah hubungan baik dengan pengguna facebook lainnya. Carilah teman sebanyak mungkin. Kunci traffic di facebook adalah membangun hubungan yang akrab.

   4.    Pastikan Link Menuju Website Anda Terlampir di Postingan
Sesekali lampirkan link website anda pada konten yang anda buat. Melampirkan link menjadi jalan bagi para user untuk mengunjungi website anda. Tempatkan link sesuai target yang anda inginkan.

   5.    Optimalkan Penggunaan Aplikasi
Pelajarilah aplikasi-aplikasi sederhana di facebook. Pilihlah yang sesuai dan bisa mendatangkan traffic menuju website anda.

   6.    Mengukur Tingkat Konversi
Tingkat konversi memperlihatkan apakah konten yang anda buat disukai atau tidak, mendatangkan traffic atau tidak, dll. Pengukurannya dilakukan dengan statistik internal website atau dengan Google Analytics dan Facebook Analytics. Jika hasilnya belum signifikan maka atus kembali strategi yang bisa anda terapkan.

   7.    Buat Penawaran Yang Menarik

Sesekali buatlah penawaran yang menarik bagi pengguna facebook. Misalnya anda membagikan ebook gratis atau video tutorial gratis dengan syarat mereka melakukan like dan share. Berikan informasi bahwa kesempatan terbatas. Sehingga mereka berlomba-lomba menerima tawaran anda. 

Saturday, 20 February 2016

Ternyata Ini Penyebab Utama Turunnya Traffic

Penyebab Utama Turunnya Traffic

Traffic melimpah adalah impian semua internet marketer. Traffic tinggi tentu sangat menguntungkan terutama jika anda fokus di internet marketing. Tentu anda sebagai pemilik dan pengelola website sangat senang. Tapi, apa jadinya jika traffic website anda tiba-tiba terjun bebas? Traffic turun drastis secara tiba-tiba bahkan lenyap dalam hitungan hari? Ya, anda pasti pusing tujuh keliling, bingung mau gimana, galau, dll. Sebelum kejadian, mari pahami dulu penyebab turunnya traffic. Ini dia penyebabnya :


1.    Terkena Dampak Penalti
Sering kali pemilik website tidak mengetahui bahwa mereka terkena penalti dari google atau mesin pencari lainnya. Pada umumnya blog atau website fokus pada pencarian Google. Jika target anda di pencarian google, baiknya anda memperhatikan update algortima Google. Sehingga anda bisa menghindari penalti dari Google.

2.    Tidak Konsisten Membuat Konten
Malas mengupdate artikel sudah pasti ini penyakitnya yang membuat traffic merosot. Cobalah untuk konsisten mengelola website anda. Lakukan penjadwalan update konten. Jika anda tidak bisa konsisten menulis konten maka anda bisa menyewa jasa penulis konten.
Terlalu sering mengupdate artikel juga berdampak merosotnya traffic. misalnya dalam sehari update 5 kali. Hal ini karena Google menganggap website anda melancarkan spam. Update postingan anda dalam beberapa hari kedepan. Biar postingn anda sebelumnya ter indeks terlebih dahulu.

3.    Menempatkan Iklan Berlebihan
Berharap ingin mempunyai penghasilan dengan cepat dari website/blog namun salah persepsi. Sehingga anda pasang iklan dimana-mana. Hal ini sangat disayangkan, karena kalau anda menempatkan iklan berlebihan/terlalu ramai maka kemungkinan besar pengunjung tidak mau membaca artikel anda. Kembalikan kepada anda sendiri saat anda berkunjung di website yang mempunyai banyak iklan, apalagi kalau iklan tersebut iklan pop up. Hal ini sangat menjengkelkan sekali bukan? Untuk itu tempatkan iklan sewajarnya saja.

4.    Sering Mengganti Template
Website yang sering kali mengganti template akan menurunkan traffic mereka dari halaman indeks. Untuk anda yang sering ganti template seharunya anda berpikir dulu sebelum anda mengganti template karena tidak semua template mempunyai atribut SEO On Page yang baik. template yang user adalah template yang ringan, mempunyai struktur meta tag yang tepat dan penggunaan heading yang pass. Utamakan untuk membuat atau memilih template yang sesuai dengan SEO. Banyak orang yang tidak puas dengan tampilan blog mereka karena tidak bagus, kurang terang atau sebagainya. Inilah pemicu turunnya traffic ke website anda.

5.    Banyak Backlink Yang Tidak Wajar
Backlink sangat diperlukan dan harus di cari, tapi jangan salah karena kalau terlalu banyak backlink yang kurang baik maka mesin pencari seperti google akan mengira bahwa backlink yang anda ciptakan hanyalah usaha untuk memanipulasi search engine, akhirnya anda mendapat pinalti dari Google. Hal ini sangat di sayangkan sekali. karena rasa terburu-buru dan tidak melihat beberapa sebab akhirnya traffic website/blog anda terjun bebas. Ini salah satu penyebab juga turunnya traffic pengunjung yang berujung pada pinalti. Untuk membuat backlink sebaiknya anda lakukan perhitungkan terlebih dulu. Karena dengan backlink yang baik atau natural akan berdampak sangat baik untuk situs anda.

6.    Tidak Mempunyai Artikel Pilar
Artikel pilar adalah salah satu artikel penopang balik artikel-artikel lainnya di website yang sama. Artikel atau konten pilar adalah salah satu artikel yang harus anda buat untuk menghidupkan website anda. Umumnya konten pilar sangat organik SEO, bisa di katakan kalau konten pilar ini murni diciptakan hanya untuk pengguna internet bukan untuk mesin pencari. Frase keyword sangat di per-hitungkan di sini dan hal-hal detail sangat diperhatikan. Artikel pilar ini tidak bisa anda anggap remeh karena untuk menciptakan artikel pilar ini bukan di ciptakan hanya dalam waktu beberapa detik namun berjam-jam untuk membuatnya. Artikel inilah yang nantinya akan membawa dampak baik untuk kelangsungan website anda

7.    Loading Lambat

Loading lambat sangat berpengaruh pada traffic website anda. Hal ini terjadi karena konten anda terlalu berat. Website dengan loading yang lambat tidak disukai oleh Google dan pengunjung. Pastikan website anda bisa loading dengan cepat dan mudah.

Seberapa Penting Web Traffic?

Seberapa Penting Traffic?

Banyak orang sangat ingin sukses di internet marketing. Kebanyakan berharap mendapatkan income dari internet marketing yang mereka jalankan. Ada tiga hal pokok yang perlu diingat untuk menghasilkan income di internet, yakni : TRAFFIC, TRAFFIC dan TRAFFIC. Ya, itulah pentingnya traffic. Seberapa penting? Hmmm.... teramat penting. Trafficlah yang menjadi bahan bakar dalam dunia bisnis online. Jika anda ingin melipatgandakan income anda maka lipatgandakan juga traffic ke website/blog anda. Semakin banyak traffic yang didatang, kesempatan lebih banyak produk / program affiliasi terjual juga semakin besar.

Jika anda sudah memiliki website/blog dengan konten yang berbobot, desain yang menarik dan informatif maka selanjutnya fokuslah membangun traffic. Saatnya anda memperkenalkan website/blog anda di jagad internet.
Ada beberapa cara memperkenalkan website anda :
1.    Traffic bisa didatangkan dari search engine. Search engine seperti : Google, Yahoo, MSN, dll. Semakin tinggi peringkat di search engine maka semakin besar peluang traffic yang anda dapatkan. Semakin mudah pengunjung menemukan website anda.
2.    Pasang iklan. Bisa yang berbayar maupun yag gratis. beriklan merupakan cara paling cepat mendatangkan traffic, terutama iklan berbayar PPC (Pay Per Click).
3.    Traffic dari berbagai sumber. Bisa melalui media sosial yang diarahkan ke website anda.
4.    Traffic yang melekat/datang kembali. Buatlah pengunjung untuk datang kembali ke website anda.
Ledakkan traffic ke website anda, income anda juga ikut meledak. Tapi, traffic bukanlah hasil akhir. Jika anda menjual produk/program affiliasi maka hasil akhirnya adalah penjualan produk/jasa. Sekarang bagaimana mengkonversi agar pengunjung website anda menjadi pembeli produk anda bahkan menjadi pelanggan setia?

Ada 3 cara yang ampuh untuk mengkonversi pengunjung anda :
1.    Produk Berkualitas
Apapun produk yang anda jual, pastikan berkualitas baik. Berilah informasi yang mendetail tentang produk yang anda tawarkan. Pahami betul produk yang anda tawarkan. Jangan sekali-kali memberikan informasi yang keliru hanya untuk menarik minat, kalau begini customer anda tidak akan kembali lagi.

2.    Gunakan kekuatan kata-kata
Kekuatan kata-kata menentukan pengunjung untuk membeli atau tidak. Gambar dan Video gunanya untuk membuat website anda menarik, tapi, kata-kata menarik pengunjung untuk membeli. Gunakan kata-kata yang powerfull dan meyakinkan. Kekuatan kata-kata mengirim pesan ke pikiran calon pembeli dan menggerakkan pikiran mereka untuk membeli. Cobalah mengunjungi website-website yang sukses. Pelajari strategi dari kekuatan kata-kata yang mereka gunakan. Anda bisa menerapkannya untuk bisnis online anda.

3.    Bangun Komunikasi yang hangat
Bangunlah komunikasi yang hangat dengan pengunjung anda. Bersikaplah seperti seorang teman yang sudah akrab. Anggaplah anda sedang berbicara secara langsung dengan mereka. Bersikaplah yang ramah dengan mereka. Tanggapi semua komentar dan berilah respon yang baik.


Mengkonversi pengunjung menjadi pembeli produk anda membutuhkan latihan. Semakin banyak jam terbang anda, semakin anda mengenali pola terbaik yang bisa anda terapkan. 

Wednesday, 17 February 2016

Meningkatkan Traffic Dengan Youtube

Meningkatkan Traffic Dengan Youtube



Salah satu cara untuk meningkatkan traffic ke website anda adalah dengan menempatkan video yang atraktif. Buatlah video yang menarik dan unik bisa berupa animasi, video tutorial, music, video lucu, dll. Tempat terbaik untuk mengupload video anda adalah YouTube. Berikut adalah tips memanfaatkan YouTube untuk meningkatkan traffic website anda :
1. Gunakan keyword yang tepat
Semakin banyak viewer anda maka semakin besar kemungkinan mereka mengklik link anda. Tempatkan keyword title di awal desription untuk hasil yang maksimal. Buatlah video yang berkualitas, bermanfaat dan atraktif. Carilah keyword yang spesifik. Masukkan keyword ke title dan description video anda. Tentu saja anda juga harus memastikan isi video anda relevan dengan keyword yang anda gunakan.
2. Tingkatkan Channel Views
Jika anda memiliki budget, maka investasikan untuk membeli channel views. Jika channel anda subscribernya sedikit, pastilah video anda sedikit yang menontonnya. Tingkatkan channel view maka peringkat anda juga ikut naik.
3. Tingkatkan Favorites
Dihalaman utama YouTube anda bisa melihat kategori-kategori yang menjadi favorit. Masuklah kedalam kategori tersebut maka video anda akan berada dihalaman utama. Favorites bisa anda beli.
4. Tingkatkan Video Views
YouTube menentukn peringkat berdasarkan popularitas video itu sendiri. Semakin banyak yang menyaksikan video anda maka peringkat anda juga akan naik di hasil pencarian YouTube dan Google.

5. Buat backlink ke Video Anda
Buatlah link yang mengarahkan ke video anda dari facebook, twitter, MySpace, dll. Semakin banyak backlink maka peringkat video anda juga akan tinggi.
6. Perhatikan Durasi
Panjangnya durasi yang efektif sebenarnya relatif, tergantung dari isi video itu sendiri. Biasanya viewer tidak terlalu suka dengan video yang terlalu panjang atau yang terlalu singkat.
7. Tempatkan Link
Berikan link khusus pada bagian descripstion video anda yang nantinya akan ngelink ke website utama anda. Selain itu cobalah sering-sering mencari video respons dari akun YouTube lain dengan model video yang sejenis.


Buatlah video semenarik mungkin. Mulai dari judul yang atraktif, konten yang relevan dan informatif dan tampilan yang unik serta yang perlu diperhatikan kualitas gambar. Kualitas gambar yang kabur akan membuat viewer cepat-cepat menutup video anda. Pada durasi awal di menit 1 dan 2 tangkaplah perhatian viewer dengan konten yang bagus. Sehingga mereka akan menyaksikan video anda sampai selesai.  Cobalah mengunjungi halaman video orang lain. Berilah komentar dan jadi follower mereka. Hargailah video yang mereka buat, selanjutnya mereka akan menghargai video yang anda buat. Bahkan anda dapat menghubungkan video anda ke halaman mereka. Semakin populer video yang anda buat maka traffic anda akan meningkat. Buatlah video yang bermanfaat dan atraktif.