Sunday, 2 October 2016

5 Cara Memulai Bisnis Toko Online

5 Cara Memulai Bisnis Toko Online

Toko online/online shop sekarang begitu familiar ditelinga kita. Jika anda sering belanja online sekarang saatnya anda berpikir untuk membuat toko online anda sendiri. Anda bisa menjual apa saja, bahkan jika anda tidak mempunyai produk sendiri anda bisa sukses menjalankan toko online anda. Bisnis toko online begitu menggiurkan, dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangkauan pasar yang luas. Lantas bagaimana cara memulai usaha toko online? Membuka toko online sebenarnya cukup mudah, yang cukup sulit adalah mendatangkan calon pembeli ke olshop anda. Berikut hal-hal yang penting untuk anda perhatikan dalam memulai bisnis toko online :


1. Tentukan Produk
Tentukanlah produk yang akan anda jual di internet. Anda bisa memilih produk yang menarik minat anda atau produk-produk yang lagi ngetren saat ini. Saat ini produk yang banyak peminatnya di dunia maya adalah produk kecantikan, produk kesehatan, gadget dan fashion. Lebih baik pilih produk yang anda sukai / menarik minat anda karena anda akan bersemangat menjalankan toko online anda. Pilihlah produk yang berkualitas, karena anda akan menghadapi toko online dengan produk yang sejenis. Bahkan usahakan produk anda lebih baik dari pesaing anda. Dengan demikian customer akan memilih membeli produk anda daripada yang lain.
Jika anda, tidak punya cukup modal. Anda bisa memanfaatkan sistem reseller dan dropship. Jadi, anda bisa menjualkan produk orang lain. Dengan mendapatkan keuntungan berupa selisih harga berdasarkan persentase yang diberikan.

2. Cari Agen Terpercaya
Cari agen atau distributor produk yang bisa dipercaya dan konsisten karena ketersediaan produk merupakan salah satu faktor kepercayaan pelanggan pada toko online anda. Tentu anda tidak ingin mengecewakan customer anda bukan? Selain itu, pastikan komunikasi anda dengan agen/distributor produk tersebut lancar dan mereka cukup komunikatif.

3. Pilih Tata Cara Pengiriman
Salah satu alasan orang bertransaksi online adalah kenyamanan membeli produk tanpa harus keliling toko cukup transfer sesuai pesanan dan barang diterima di tempat. Oleh karena itu, Sistem pengiriman barang juga perlu diperhatikan. Pilihlah agen pengiriman yang benar-benar terpercaya dan bonafid. Untuk toko online, ada baiknya anda menawarkan beberapa pilihan agen pengiriman. Selanjutnya biarlah customer yang menentukan agen pengiriman apa yang akan dipakai. Dengan begitu customer anda bisa menentukan pilihan lamanya waktu kirim dan pertimbangan biaya kirim.

4. Tentukan Cara Pembayaran
Biasanya dalam toko online sistem pembayaran bisa melalui dua cara, yaitu melalui bank offline seperti BCA, Mandiri, dll atau melalui Bank online seperti PayPal atau sejenisnya. Tinggal bagaimana anda memilih yang paling nyaman untuk toko online dan customer anda. Untuk bank offline sebaiknya anda setidaknya memiliki 3 akun bank. Biasanya customer mencari akun bank yang sama dengan akun bank miliknya.

5. Pilih Sarana Media Online
Untuk membuka toko online, anda bisa memilih melalui beberapa media online yang tersedia. Misalnya melalui blog, website, media social seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Jika dengan menggunakan media sosial, biasanya relatif lebih murah karena tidak perlu membayar domain atau hosting.



Friday, 30 September 2016

Promo Menarik Untuk Toko Online Vesi Limpung.Com

Promo Menarik Untuk Toko Online



Sama halnya dengan toko offline, toko online (olshop) juga perlu membuat promo-promo yang menarik. Apalagi yang namanya perempuan klu sudah liat diskon promo matanya sudah berbinar-binar. Apasaja promo yang dapat anda tawarkan di toko online anda? Berikut beberapa promo yang menarik minat pembeli :
1.    Membership
Biasanya toko online menawarkan diskon khusus member sebesar 10%-15%. Sistem membership bermanfaat sekali untuk membangun daftar list pelanggan setia toko online anda. Anda juga bisa menawakan kemudahan lainnya untuk member anda.

2.    Diskon event tertentu
Diskon event tertentu seperti diskon akhir tahun, diskon lebaran, diskon belanja nasional, diskon 17 agustus, dll. Diskon diberikan untuk memperingati hari-hari tertentu. Atau bisa juga diskon khusus saat hari annivesary toko online anda. Biasanya diskon event tertentu sangat ditunggu-tunggu dan diskonnya cukup besar. Biasanya diskon mencapai 50%-70%. Untuk menyambut diskon ini biasanya proosi sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Jadi pada saat hari H, para customer sudah banyak yang mengantri.

3.    Souvenir / hadiah
Anda bisa memberikan souvenir/hadiah kepada customer anda. Misalnya hadiah goodybag untuk minimal nominal belanja yang telah anda tentukan. Souvenir lainnya bisa berupa notes, hijab, pin, dll.

4.    Voucher
Voucher belanja jug bisa menjadi promo yang menarik. Voucher biasa diberikan untuk member baru atau pengunjung yang meninggalkan alamat emailnya di website toko online anda. Bisa juga diberikan pada customer yang telah berbelanja nominal tertentu dan voucher dapat digunakan untuk belanja berikutnya.

5.    Buy 1 Get 1 Free
Anda tentu sering menemukan tulisan “Buy 1 Get 1 Free” di tenant-tenant di mall dan di pusat perbelanjaan lainnya. Ya, alih-alih memberikan diskon 50% lebih baik anda memberikan promo Buy 1 Get 1 Free. Kalau dihitung-hitung kan sama saja dengan diskon 50%, tapi anda lebih untung karena sama saja customer langsung membeli 2. Secara psikologis, Buy 1 Get 1 Free lebih menarik minat karena customer merasa untung. Anda juga bisa memanfaatkan metode promo ini di toko online anda.

6.    Gratis Ongkos Kirim
Gratis ongkos kirim/bea kirim, terdengar sederhana tapi berdampak cukup besar. Coba anda perhatikan, banyak customer yang hitung-hitungan soal bea kirim. Bahkan ada yang tidak segan-segan untuk minta gratis bea kirim. Anda bisa memberikan promo gratis ongkos kirim dengan nominal belanja tertentu.

7.    Member Get Member
Promo Member Get Member, dimana member toko online anda berhasil mengajak member baru dan member baru melakukan transaksi maka member yang mengajak akan mendapatkan komisi berupa persentase dari total pembelanjaan member baru tadi. Komisi jika sudah banyak bisa digunakan untuk berbelanja di toko online anda.


Wednesday, 28 September 2016

11 Kunci Sukses Dalam Membangun Toko Online

11 Kunci Sukses Dalam Membangun Toko Online
Membuka toko online tampaknya mudah. Dalam menjalankan bisnis toko online anda, butuh komitmen, ketelatenan dan kerja keras. Bila anda ingin membuat sebuah toko online ada baiknya mengikuti tips kunci sukses berikut. Berikut 11 Kunci Sukses Dalam Membangun Toko Online untuk mendapatkan hasil yang berlimpah ala Limpung.Com :



1. Foto Produk

Foto produk anda haruslah asli. Buatlah tampilan foto produk semenarik mungkin. Jika menjual produk fashion anda bisa menampilkan foto produk anda dengan manekin atau jika usaha anda cukup berkembang anda bisa menggunakan jasa model dan fotografer. Perhatikan kualitas foto produk anda. Foto jangan terlalu kecil apalagi sampai gambarnya pecah. Foto harus cukup menarik perhatian dan minat calon customer anda. Bila perlu anda bisa menampilkan gambar produk tampak depan, samping dan belakang.

2. Informasi Produk Lengkap

Berikan informasi mengenai produk anda selengkap mungkin, baik dari segi bahan, ukuran, warna dan detail lainnya. Semakin lengkap semakin baik. Sehingga calon customer anda tidak perlu bertanya lagi kepada anda karena informasi cukup lengkap.

3. Kontak yang Jelas

Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor handphone, PIN BlackBerry, alamat email, akun facebook, akun line, Whatsapp, Yahoo Messenger, dll.

4. Respon cepat

Saat calon pembeli menghubungi via telepon,message fb, SMS, WA, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk.

5. Respon calon pembeli meski terlambat

Meskipun terlambat cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Jika anda abaikan, hal ini akan memberikan kesan negatif. Dan calon customer akan sungkan untuk order.

6. Miliki banyak rekening bank

Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Rekening Bank wajib yang harus ada antara lan BRI, BCA, BNI, Mandiri. Karena biasanya Rekening Bank itu yang paling banyak dicari.

7. Berikan kepastian dan tepati

Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan mereka sangat diharapkan customer anda. Jangan mempermainkan customer dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Berikan nomor resi pengiriman barang agar customer bisa mengecek posisi paket kiriman mereka.

8. Petunjuk pembelian yang jelas

Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Buatlah tata cara order yang jelas. Sehingga customer lebih mudah untuk order.

9. Perincian harga barang dan ongkos kirim

Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Jangan sampai merugikan salah satu pihak.

10. Update produk terus menerus

Rajinlah untuk update produk. Makin sering anda update menunjukan bahwa toko online anda aktif.

11. Desain dan navigasi yang ramah

Desain dan navigasi website anda membuat betah calon customer anda. Perhatikan juga kemudahan mengakses website toko online anda. Bila perlu anda bisa menyiapkan versi mobile untuk website toko online anda. Sehingga bisa menjaring customer dari pengguna ponsel.

Wednesday, 16 March 2016

Inilah 6 Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses Versi Limpung.Com


6 Strategi Membuat Toko Online Yang Sukses

Toko online/online shop sekarang sangat familiar ditelinga kita. Dengan membuat toko online keuntungan yang didapatkan jadi berlipat-lipat karena jangakauan pasar yang luas. Bahkan bisa lebih hemat untuk modalnya. Karena anda bisa menjalankannya tanpa toko real jadi bisa hemat biaya sewa toko. Layaknya toko real, maka toko online adalah tempatnya ada memajang produk jualan anda. Lantas bagaimana caranya untuk sukses menjalankan toko online? Berikut ini 5 Strategi Membuat Toko Online Sukses :
1.    Desain dan Fitur Toko Online
Membuat toko online bisa menggunakan berbagai cara, bisa dengan software seperti OpenCart, PrestaShop, VirtueMart,dll. Selain software, bisa dengan layanan blog gratis seperti Blogger, WordPress, dll. Atau bagi anda yang tidak mau ribet bisa dengan memanfaatkan layanan Shopify, tentu saja anda dikenakan biaya bulanan.
Apapun pilihan cara anda membuat toko online, yang perlu anda perhatikan untuk menarik pengunjung adalah desain dan fitur toko online anda. Desain berpengaruh besar pada hasil penjualan. Buatlah toko online anda seindah dan senyaman mungkin untuk dikunjungi. Penataan fiturnya enak dipandang, sehingga pengunjung bisa berlama-lama di online shop anda. Berikut tipsnya :
·         Pilihlah online shop template yang professional, perhatikan perpaduan warnanya.
·         Perhatiakan penataan display produk yanga anda tawarkan, berilah informasi yang lengkap tentang produk anda
·         Perpaduan fitur pendukung seperti navigasi, slideshow, banner, dll
·         Kejelasan cara belanja, cara pembayaran dan metode pengiriman
·         Widget kontak yang jelas untuk mempermudah pembeli menghubungi anda

2. Pelayanan Customer Service
Pelayanan Customer Service diperlukan untuk memudahkan pelanggan anda bertanya kepada anda tentang berbagai hal terkait produk dan layanan toko online anda. Untuk toko online anda baiknya menjelaskan waktu dan jam buka toko online anda. Sehingga pelanggan tidak menghubungi anda diluar jam buka tersebut. Beberapa hal yang penting diperhatikan :
·         Cepat respon pesan dari customer anda
·         Menerima saran dan masukan dari customer anda
·         Mengucapkan ‘terima kasih sudah menghubungi kami’ sebelum membalas pesan dari customer
·         Mintalah maaf jika terjadi hal yang tidak diinginkan walaupun bukan kesalahan anda seperti keterlambatan paket sampai di alamat tujuan.


3. Foto produk yang menarik dan berkualitas
Foto produk yang berkualitas andalah kunci sukses anda menjual produk anda. Berikut tipsnya :
·         Kualitas foto harus bagus / tidak pecah
·         Berilah tampilan foto dengan warna sebenarnya, jangan terlalu banyak diedit. Bisa sedikit diberi watermark biar lebih menarik. Tapi, selama warna foto dan warna aslinya tidak terlalu jauh berubah. Karena terkadang warna foto lebih gelap/lebih terang dari warna aslinya. Seringkali customer sedikit kecewa karena warna tidak sama persis seperti yang mereka bayangkan.
·         Lengkapi foto produk dari segala sisi (tampak depan, tampak belakang dan tampak samping)
·         Sebelum diupload sebaiknya foto dikompres agar tidak berat saat loading.

4. Bangun Sistem Reseller
Reseller adalah orang yang membantu menjual produk anda dengan mendapatkan keuntungan dari diskon yang anda berikan. Reseller bisa mendongkrak penjualan anda. Keuntungan anda per item lebih sedikit tapi secara kuantitas produk anda terjual lebih banyak. Yang pasti buatlah ketentuan reseller yang jelas dan sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Misal anda memberi batasan minimal order atau anda bisa menentukan menerima dropsipping atau tidak, dll.


5. Belajar Internet Marketing SEO
Mengapa butuh belajar SEO? Karena 90% pengunjung berasal dari search engine. Sedikit banyak setidaknya anda harus mengerti tentang SEO karena manfaatnya sangat besar untuk menaikkan ranking toko online anda di search engine.
6. Manfaatkan secara maksimal media sosial
Anda bisa memanfaatkan facebook, twitter, insagram, path, dll untuk mempromosikan produk anda dan mengarahkan pengunjung anda mengunjungi toko online anda.

 Itulah 6 strategi untuk membuat toko online yang sukses versi Limpung.Com

Sunday, 13 March 2016

7 Ide Bisnis Online Terpopuler Versi Limpung.Com

7  Ide Bisnis Online Terpopuler

Apa saja ide bisnis online paling populer saat ini? Ide bisnis online yang populer memang sangat menarik, terutama jika anda menginginkan penghasilan yang besar dari dunia internet. Berikut daftar ide bisnis online berikut ini bisa jadi inspirasi untuk anda :

Affiliate Marketing

Affiliate marketing/reseller adalah suatu usaha bisnis internet dengan cara menjualkan produk orang lain di internet atau mempromosikan produk barang/jasa dari perusahaan orang lain di website anda, kemudian dari setiap penjualan kita akan memperoleh komisi. Besaran komisinya beragam, biasanya komisi bagi hasil : 50%-50% atau 30%-70%. Keterampilan utama yang dibutuhkan untuk bisnis online Affiliate Marketing adalah sales copywriting, web marketing, list building, dan PPC (Pay Per Click Marketing).

Blogging

Anda bisa menggunakan blog anda untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menjual spot iklan (banner advertising/Adsense) dan memaksimalkan affiliate marketing. Anda harus memastikan bahwa blog anda menarik dan memiliki banyak pengunjung (traffic tinggi) setiap harinya agar perusahaan/brand tertarik untuk memasang iklan di blog anda. Akan lebih bagus jika blog anda memiliki audiences yang spesifik (niche).

E-commerce Store (Toko E-commerce)

Bisnis e-commerce adalah salah satu ide bisnis online yang sangat populer. Sebut saja Amazon, eBay, Alibaba, dan Tokopedia. Mereka adalah deretan website e-commerce yang berhasil dan sangat sukses. Anda bisa membuka toko e-commerce kecil-kecilan dengan mudah karena saat ini telah banyak penyedia (hosting) e-commerce untuk pemula yang sangat murah dan gampang dikelola. Anda bisa memanfaatkan Shopify. Shopify adalah salah satu penyedia toko e-commerce yang banyak penggunanya.

Jualan Online/Online Store

Jika anda memiliki produk offline, sebaiknya anda sudah mulai berpikir memasarkannya secara online. Tapi, jika anda tidak punya produk offline, anda bisa mencari rekanan yang memiliki usaha dan anda bisa memasarkan produknya secara online. Anda akan lihat hasil penjualan anda akan melejit. Jualan online bisa ditempuh dengan banyak cara. Memasarkan produk di situs marketplace, menggunakan blog, membuat fan page di Facebook, membuat akun toko di Twitter, Instagram, atau Pinterest, hingga memberdayakan blog seperti Tumblr untuk jualan. Keterampilan dasar yang harus Anda miliki agar bisa berjualan sendiri adalah copywriting, negotiation, internet marketing, social media marketing, dan SEO.

Dropshipper

Bisnis online ini banyak dijalankan oleh orang yang memiliki modal usaha sangat minim. Menjadi dropshipper bahkan membuat Anda hanya membutuhkan internet, gadget dan akun social media yang aktif. Pekerjaan dropshipper adalah menjadi reseller yang menjual barang dari supplier. Anda bahkan tidak harus memiliki produk tersebut untuk bisa menjualnya. Cukup dengan menampilkan katalog dari supplier dan kemas dalam beragam teknik promosi menarik agar dibeli konsumen. Anda bisa memasang harga jual sendiri sehingga pendapatan Anda dalam bisnis ini berasal dari laba/profit penjualan produk (harga jual dari Anda – harga supplier).

Coaching/Consulting/Mentor

Jika Anda memiliki keterampilan khusus yang bisa diajarkan kepada khalayak, maka ide bisnis ini sangat cocok untuk Anda coba. Anda bisa membuat ebook, video tutorial, video training, dll. Saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan pelatihan. Anda bisa memberikan pengajaran melalui beragam media di internet, misalnya membuat tutorial di blog/website, membuat seminar online (web conference), dan mengadakan tes keterampilan. Pelatihan online yang sampai saat ini sangat tinggi peminatnya adalah sales marketing, business leadership, dan creative writing.

Jasa Membuat Website                                        

Keterampilan anda membuat website bisa jadi ladang anda mencari penghasilan diinternet. Semakin tinggi kebutuhan orang akan website, semakin terbuka lebar peluang anda.


Apapun ide bisnis online yang jadi pilihan anda lakukanlah dengan serius. Bekerja keraslah hasilnya akan setimpal dengan usaha anda. Terkadang orang hanya ingin hasil yang cepat dan mudah. Ingat, semua butuh proses. Keberhasilan anda merupakan rangkaian dari proses yang anda lalui. 

Thursday, 10 March 2016

Apa itu CPA?

Apa itu CPA?
Anda sering kali menemukan dalam forum diinternet orang-orang membicarakan iklan CPC, CPM dan CPA. Apaan sih itu? Sebagai pemula tentu saja anda akan kebingungan. Coba-coba nyambung dikit dengan istilah tadi. Baiklah, kita cari tau disini. Berikut sedikit gambaran tentang CPC, CPM dan CPA.

CPC (Cost Per Click)
Jenis iklan CPC adalah bentuk iklan dimana anda akan mendapatkan uang apabila iklan di klik oleh pengunjung blog/website anda.

Contoh iklan CPC

1.                Google Adsense (harga perklik dengan bayaran Dolar)
2.                KlikSaya (harga perklik rata-rata 300-400 rupiah perklik)
3.                Adsensecamp (harga perklik rata-rata 300-400 rupiah perklik)
4.                dan lain-lain


CPM (C0st Per Mille)
Jenis iklan CPA Adalah bentuk iklan dimana anda akan mendapatkan uang apabila iklan banner atau iklan lain ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog. 

CPA (Cost Per Action)
Jenis iklan CPA Adalah bentuk iklan dimana anda akan mendapatkan uang apabila pengunjung blog/website melakukan klik iklan dan melakukan tindakan/action tertentu (misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu). Kebanyakan program affiliasi.
Bisnis CPA marketing merupakan salah satu yang paling mudah dan menguntungkan. Tapi apa itu CPA? Pada dasarnya, CPA atau Cost per-Action atau Cost per-Acquisition adalah turunan dari Affiliate Marketing. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik yang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rata-rata komisinya besar. Model bisnis ini menjadi populer karena fleksibel dan tanpa ikatan.
Apa saja action yang dimaksud itu?
·         Mengisi form pendaftaran
·         Mendaftarkan alamat email
·         Mengisi survei
·         Mengunduh file
·         Subscribe/berlangganan terhadap suatu layanan
·         Menginstall software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)
Dalam CPA marketing, kita akan mengajak orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan/actions di atas kepada website/produk/layanan tertentu. Setiap kali berhasil, maka anda akan mendapatkan komisi.
Bisnis CPA adalah bisnis dengan basis online sistem yang biasa dikenal dengan nama lain PPL atau Pay Per Lead yang artinya anda akan mendapatkan bayaran setiap kali ada orang yang merespon. kebayakan bisnis ini memberikan sebuah survey atau pengisian polling yang kemudian komisinya masuk ke anda. Ada beberapa cara bisnis online CPA network :

1. Pay Per Sale (PPS)
Bisnis CPA dengan nama PPS ini membuat anda mendapatkan komisi atau keuntungan setiap kali anda berhasil menjual suatu produk ke orang lain. Ini adalah salah satu bisnis CPA yang paling mudah, sederhana dan hampir tanpa resiko. Bisa dikatakan model bisnis ini menempatkan anda menjadi seorang reseller atau affiliate marketing. Jumlah besaran keuntungan, komisi atau uang yang anda dapatkan setiap kali berhasil menjual produk biasanya sesuai kesepakatan anda sebelumnya.

2. Pay Per Click (PPC)
PPC ini membuat anda dibayar berdasarkan setiap kali orang mengunjungi website atau link anda dan mereka mengklik iklan yang anda buat disana, contohnya Google adsense. Semakin banyak yang menklik iklan and maka semakin besar komisi yang anda dapatkan. besarnya fee setiap klik akan berbeda-beda.

3. Pay Per Actian (PPA)
Dengan PPA anda akan mendapatkan uang ketika ada orang yang take action atau melakukan aksi pada website  anda, bisa saja mereka hanya mengisi formulir, mendaftar atau mengunjungi.


Setiap cara pada bisnis CPA network harus memiliki usaha keras terutama pada awalnya. Anda harus fokus menjalankannya. Pilihlah metode yang paling sesuai untuk anda. Jika anda tergiur penghasilan yang fantastis, bisa jadi bisnis CPA network jadi pilihan anda.

APA ITU BISNIS ONLINE?


APA ITU BISNIS ONLINE?

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online. Pada era modern saat ini, berbisnis online sudah banyak dilakukan orang bahkan sebagian dari mereka menjadikan bisnis online sebagai bisnis utama mereka. Mengapa kini bisnis online menjadi pilihan? Mari kita bandingkan antara Bisnis Konvensional (Offline) dengan Bisnis Online.
Bisnis Konvensional :
- Modal relatif besar, misalnya membuka toko, nilai sewa tempat/ ruko cukup tinggi
- Memerlukan pegawai
- Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu
- Tidak bisa full time, ada jam buka
- Bergantung dengan cuaca
- Anda harus terlibat langsung

Bisnis Online :
- Tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik
- Bisa tanpa pegawai
- Jangkauan pemasaran luas
- Bisa full time 24/7 penuh
- Bebas kendala cuaca
- Anda tidak harus bekerja full time, bisa dibuat otomatis. Butuh sedikit penanganan  manual.
Bisnis Online sendiri ada beberapa jenis:
1.    Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dll.
2.    Online to Offline : Maksudnya bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: Seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dll.
3.    Offline to Online : Maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik.
Sementara itu berdasarkan peran para pelakunya, bisnis online ada 3 pihak:
1.    Owner : adalah pemilik produk atau jasa.
2.    Marketer : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
3.    Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.

Syarat menjalankan bisnis online :
1.    Mampu mengoperasikan PC/Laptop dengan baik
Karena semua keiatan dilakukan via online/internet maka kemampuan mengoperasikan PC/laptop mutlak diperlukan

2.    Memiliki koneksi internet yang cepat
Kecepatan koneksi internet sangat berpengaruh dalam menjalankan bisnis online, jalan sampai aktivitas anda tertunda karena koneksi internet yang lemot. Bisa-bisa anda akan kesal dibuanya.

3.    Memiliki email
Membuat email adalah hal yang mudah. Untuk berbisnis online, emal banyak sekali manfaatnya. Jadi biasakan diri anda berinteraksi menggunakan email. Email bisa bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim sales letter, mendaftarkan diri diberbagai website, dll.

4.    Memiliki akun bank lokal
Sebaiknya anda punya lebih satu rekening bank lokal, ya setidaknya tiga bank. Karena ini akan memudahkan customer anda untuk transfer. Biasanya customer cenderung mencari akun bank yang sama.

5.    Memiliki akun bank sedunia

Paypal contohnya. Jika anda menargetkan pasar luar negeri maka punya akun paypal wajib hukumnya. Karena memudahkan anda bertransaksi.