Facebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.
Dalam waktu 2 minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan 2 temannya untuk membantu mengembangkan facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.
Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta 2 temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen disana.
Setelah beberapa minggu di Palo Alto, Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (Cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju untul pindak ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (Cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US dollar untuk pengembangan Facebook.
Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran pada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US dollar, dan Zuckerberg pun menolalnya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12,7 juta US dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa, Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang mempunyai alamat e-mail.
Selain menolak tawaran dari Friendster sebesar 10 juta US dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 Milyar US dollar.
Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.
Basir
Wednesday 11 November 2009
LIMPUNG BLOG
Published:
2009-11-11T06:11:00+07:00
Title:Sejarah Facebook
Rating:
5 On
22 reviews